E D U F E S T

Pemberitahuan

Kamu akan melihat pemberitahuan disini.

Tidak ada pemberitahuan

Cari di Edufest

Edukarta
Manajemen Pemasaran

Ekonomi & Bisnis

Deskripsi Jurusan

Jurusan Manajemen Pemasaran adalah jurusan yang fokus pada perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan hingga ke tahap evaluasi terhadap semua proses pemasaran barang maupun jasa oleh perusahaan. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana mengembangkan jangkauan pasar serta bagaimana jalannya pergerakan atau distribusi produk hingga ke tangan konsumen.

Ilmu Manajemen Pemasaran mencakup juga tentang bagaimana memahami perilaku serta dinamika pada konsumen, melakukan analisa terhadap permintaan pasar, teori harga, mengenali segmentasi pasar, pemilihan metode dan media promosi atau iklan serta aspek-aspek di dalam kegiatan marketing lainnya.

Kuliah di Program Manajemen Pemasaran mendukung kamu untuk bisa berpikir secara kreatif, inovatif serta selalu mengikuti perkembangan dan tren teknologi. Dengan begitu maka perusahaan di mana kamu bekerja nantinya bisa selalu mengikuti tren di dalam masyarakat sehingga tidak akan ditinggalkan oleh konsumen.

Manajemen Pemasaran menjadi ujung tombak perusahaan dalam mencapai tujuan dan targetnya. Karena itu, lulusan dari jurusan tersebut juga lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Tenaga ahli yang memiliki latar belakang pendidikan Manajemen Pemasaran tentu saja diharapkan bisa membantu perusahaan membuat program marketing yang efektif.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan komunikasi

  • Kemampuan berpikir kreatif

  • Kemampuan bekerja dalam tim

  • Kemampuan observasi

  • Kemampuan analisis

  • Kemampuan problem solving

  • Tekun, detail, dan rasional

Kenapa harus memilih Manajemen Pemasaran?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Manajemen Pemasaran, antara lain :

  • Manajemen Pemasaran merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek dan kesempatan kerja luas. Lulusannya dibutuhkan oleh perusahaan dalam bidang apapun, baik perusahaan yang memproduksi barang maupun perusahaan jasa.
  • Pemasaran merupakan jantung bagi perusahaan yang sangat berpengaruh pada keberlangsungan hidupnya. Jadi, sampai kapan pun ilmu pemasaran sangat dibutuhkan selama masih ada kegiatan ekonomi dalam kehidupan masyarakat.
  • Semaju apa pun teknologi beberapa tahun mendatang, peranan seorang ahli Manajemen Pemasaran tidak bisa digantikan bahkan oleh robot canggih sekalipun. Artinya, profesi ini tidak akan tergerus oleh kemajuan zaman. Justru sebaliknya, semakin maju zaman dan teknologi, maka tingkat persaingan perusahaan harus dilakukan secara efektif dan efisien.
  • Belajar Manajemen Pemasaran otomatis akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kamu. Seorang marketing pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang bagus sehingga mampu mempersuasi orang untuk membeli produk yang ditawarkan.
  • Bekerja sebagai tenaga ahli manajemen pemasaran seringkali membuat kamu harus bertemu dengan banyak orang seperti distributor, supplier, rekanan, dan konsumen. Artinya, sambil melakukan pekerjaan kamu bisa menambah kenalan yang nantinya bisa saja menjadi relasi bisnis kamu suatu saat nanti.

Prospek Kerja

Setelah lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, pilihan karier yang bisa kamu jalani cukup variatif, misalnya menjadi seorang marketing analyst. Seorang marketing analyst biasanya diperlukan dalam perusahaan jasa khususnya konsultan. Banyak perusahaan yang menyerahkan masalah pemasaran mereka kepada jasa konsultan sehingga ini menjadi peluang yang cukup bagus. Tugas kamu nantinya adalah membuat, mengolah, melakukan analisis, serta menyajikan data-data program pemasaran yang sesuai untuk klien.

Lalu, bagi kamu yang tidak begitu suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi tetapi sangat tertarik dengan dunia marketing, kamu bisa memilih profesi sales executiveSales executive bertugas memasarkan produk atau jasa sedangkan semua urusan administrasi ditangani oleh tim administrasi.

Pilihan karier lainnya adalah public relation (PR) atau humas. Dalam pekerjaannya, public relation banyak bekerja sama dengan pihak eksternal seperti media dan pemerintahan untuk meningkatkan branding perusahaan dan memuluskan aktivitas marketing perusahaan.

Bekal ilmu dari Jurusan Manajemen Pemasaran yang kamu miliki juga bisa menjadi modal untuk kamu membangun bisnis sendiri. Kamu hanya perlu memikirkan ide bisnisnya saja, karena strategi untuk menjalankannya sudah kamu ketahui.

Dunia Perkuliahan

Belajar ilmu Manajemen Pemasaran tentu saja membuat kamu harus bersentuhan dengan materi-materi yang tidak jauh dari ekonomi dan bisnis, dimana jurusan ini perkembangan jurusan manajemen. Mata kuliah yang akan kamu dapatkan selama belajar antara lain adalah Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, dan Perpajakan.

Ilmu lain seperti Akuntansi, Perilaku Konsumen, Statistik Bisnis, Matematika Bisnis, Manajemen Produk, Pemasaran Jasa, dan Sistem Informasi Pemasaran juga akan kamu dapatkan. Skill pemasaran kamu juga bisa semakin meningkat dengan bekal mata kuliah lain berupa Manajemen Operasi, Periklanan dan Promosi Penjualan, Manajemen Retail, Manajemen Hubungan Pelanggan, Riset Pemasaran, E-CommerceDigital Marketing, hingga komunikasi bisnis.

Jika dilihat dari daftar mata kuliah di atas bisa diketahui bahwa selama kuliah kamu tidak hanya belajar tentang pemasaran saja tetapi juga psikologi dan perilaku manusia sebagai konsumen. Sehingga masa-masa studi kamu di Manajemen Pemasaran tidak akan monoton dan membosankan.

Adapun tugas kuliah yang akan sering kamu kerjakan jika kuliah di jurusan ini misalnya kamu diminta untuk melakukan riset kelayakan bisnis, kemudian membuat business planning, sampai dengan melakukan audit strategi pemasaran suatu perusahaan.

Di jurusan ini, terdapat beberapa konsentrasi keilmuan seperti Public Relation (PR), Digital Marketing, Marketing Research and Analytic, Content Marketing, Marketing Management, Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing, Guerilla Marketing, dan Integrated Marketing Communication.