Kamu akan melihat pemberitahuan disini.
Ekonomi & Bisnis
Jurusan Manajemen Pemasaran adalah jurusan yang fokus pada perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan hingga ke tahap evaluasi terhadap semua proses pemasaran barang maupun jasa oleh perusahaan. Mahasiswa akan belajar tentang bagaimana mengembangkan jangkauan pasar serta bagaimana jalannya pergerakan atau distribusi produk hingga ke tangan konsumen.
Ilmu Manajemen Pemasaran mencakup juga tentang bagaimana memahami perilaku serta dinamika pada konsumen, melakukan analisa terhadap permintaan pasar, teori harga, mengenali segmentasi pasar, pemilihan metode dan media promosi atau iklan serta aspek-aspek di dalam kegiatan marketing lainnya.
Kuliah di Program Manajemen Pemasaran mendukung kamu untuk bisa berpikir secara kreatif, inovatif serta selalu mengikuti perkembangan dan tren teknologi. Dengan begitu maka perusahaan di mana kamu bekerja nantinya bisa selalu mengikuti tren di dalam masyarakat sehingga tidak akan ditinggalkan oleh konsumen.
Manajemen Pemasaran menjadi ujung tombak perusahaan dalam mencapai tujuan dan targetnya. Karena itu, lulusan dari jurusan tersebut juga lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Tenaga ahli yang memiliki latar belakang pendidikan Manajemen Pemasaran tentu saja diharapkan bisa membantu perusahaan membuat program marketing yang efektif.
Kemampuan komunikasi
Kemampuan berpikir kreatif
Kemampuan bekerja dalam tim
Kemampuan observasi
Kemampuan analisis
Kemampuan problem solving
Tekun, detail, dan rasional
Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Manajemen Pemasaran, antara lain :
Setelah lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, pilihan karier yang bisa kamu jalani cukup variatif, misalnya menjadi seorang marketing analyst. Seorang marketing analyst biasanya diperlukan dalam perusahaan jasa khususnya konsultan. Banyak perusahaan yang menyerahkan masalah pemasaran mereka kepada jasa konsultan sehingga ini menjadi peluang yang cukup bagus. Tugas kamu nantinya adalah membuat, mengolah, melakukan analisis, serta menyajikan data-data program pemasaran yang sesuai untuk klien.
Lalu, bagi kamu yang tidak begitu suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi tetapi sangat tertarik dengan dunia marketing, kamu bisa memilih profesi sales executive. Sales executive bertugas memasarkan produk atau jasa sedangkan semua urusan administrasi ditangani oleh tim administrasi.
Pilihan karier lainnya adalah public relation (PR) atau humas. Dalam pekerjaannya, public relation banyak bekerja sama dengan pihak eksternal seperti media dan pemerintahan untuk meningkatkan branding perusahaan dan memuluskan aktivitas marketing perusahaan.
Bekal ilmu dari Jurusan Manajemen Pemasaran yang kamu miliki juga bisa menjadi modal untuk kamu membangun bisnis sendiri. Kamu hanya perlu memikirkan ide bisnisnya saja, karena strategi untuk menjalankannya sudah kamu ketahui.
Belajar ilmu Manajemen Pemasaran tentu saja membuat kamu harus bersentuhan dengan materi-materi yang tidak jauh dari ekonomi dan bisnis, dimana jurusan ini perkembangan jurusan manajemen. Mata kuliah yang akan kamu dapatkan selama belajar antara lain adalah Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, dan Perpajakan.
Ilmu lain seperti Akuntansi, Perilaku Konsumen, Statistik Bisnis, Matematika Bisnis, Manajemen Produk, Pemasaran Jasa, dan Sistem Informasi Pemasaran juga akan kamu dapatkan. Skill pemasaran kamu juga bisa semakin meningkat dengan bekal mata kuliah lain berupa Manajemen Operasi, Periklanan dan Promosi Penjualan, Manajemen Retail, Manajemen Hubungan Pelanggan, Riset Pemasaran, E-Commerce, Digital Marketing, hingga komunikasi bisnis.
Jika dilihat dari daftar mata kuliah di atas bisa diketahui bahwa selama kuliah kamu tidak hanya belajar tentang pemasaran saja tetapi juga psikologi dan perilaku manusia sebagai konsumen. Sehingga masa-masa studi kamu di Manajemen Pemasaran tidak akan monoton dan membosankan.
Adapun tugas kuliah yang akan sering kamu kerjakan jika kuliah di jurusan ini misalnya kamu diminta untuk melakukan riset kelayakan bisnis, kemudian membuat business planning, sampai dengan melakukan audit strategi pemasaran suatu perusahaan.
Di jurusan ini, terdapat beberapa konsentrasi keilmuan seperti Public Relation (PR), Digital Marketing, Marketing Research and Analytic, Content Marketing, Marketing Management, Search Engine Marketing (SEM), Social Media Marketing, Guerilla Marketing, dan Integrated Marketing Communication.