E D U F E S T

Pemberitahuan

Kamu akan melihat pemberitahuan disini.

Tidak ada pemberitahuan

Cari di Edufest

Biaya Hidup di Surabaya untuk Mahasiswa, Cek Yuk!

Biaya Hidup di Surabaya untuk Mahasiswa, Cek Yuk!

Surabaya merupakan salah satu kota tujuan bagi siswa lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah. Hal itu tidak terlepas dari banyaknya PTN dan PTS yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Sebut saja Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Dinamika.

Selain daya tarik perguruan tinggi, hal lain yang juga menjadi pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Surabaya adalah faktor biaya hidup. Biaya hidup di Surabaya masih tergolong ramah bagi mahasiswa. Sekalipun demikian, tentunya mahasiswa harus tetap menerapkan manajemen keuangan yang baik.

So, bagaimana sih gambaran biaya hidup di Surabaya untuk mahasiswa?

Biaya Hidup di Surabaya untuk Mahasiswa

Uraian biaya hidup di Surabaya untuk mahasiswa akan kita bahas pada artikel ini berdasarkan kebutuhan pokok mahasiswa, yakni mulai dari tempat tinggal hingga biaya tugas yang dikeluarkan. Berikut pembahasannya!

Biaya tempat tinggal

Pilihan tempat tinggal di Surabaya cukup beragam. Ada pilihan rumah kontrakan yang terbilang sedikit mahal, yaitu antara Rp2,5 juta hingga Rp7 juta per bulan. Harga tersebut biasanya dipengaruhi oleh faktor lokasi dan fasilitas yang ada pada rumah. Umumnya, rumah yang dikontrakan dalam kondisi tanpa perabotan, jadi masih harus menyisihkan ulang lagi untuk membelinya.

Opsi rumah kontrakan ini jika ditanggung sendiri memang cukup mahal. Kamu bisa menyelesaikan beban pengeluaran dengan mengajak beberapa teman untuk tinggal bersama. Dengan begitu biaya tersebut bisa dibagi sesuai jumlah orang yang tinggal di rumah tersebut, jadi lebih irit bukan?

Pilihan tempat tinggal lainnya adalah kos-kosan. Harga sewa kos di sekitar wilayah kampus umumnya mulai dari Rp400.000 hingga Rp1 juta per bulan dengan fasilitas standar. Sedangkan kos yang masuk kategori eksklusif pasarannya sekitar Rp1,3 juta per bulan.

Pilihan tempat tinggal berupa apartemen juga ada lho! Harganya mulai dari Rp3 juta per bulan. Tentunya harga tersebut jika dibandingkan dengan pilihan tempat tinggal sebelumnya jadi mahal banget ya? Meskipun begitu, harga yang ditawarkan tentunya berbanding lurus dengan fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan.

Biaya makan

Kalau biaya makan di Surabaya khususnya di sekitar wilayah kampus masih tergolong murah, Quipperian! Kamu masih bisa menemukan harga makanan di bawah Rp10.000 per porsi dengan menu standar yang terdiri dari nasi, lauk, sayur, dan sambal.

Untuk lebih menghemat biaya makan, kamu bisa memasak nasi sendiri di kos, jadi kamu hanya mengeluarkan untuk membeli lauk dan sayur.

Transportasi

Untuk menghitung biaya transportasi bisa dibedakan sesuai pilihan moda transportasinya ya, yaitu transportasi umum dan pribadi. Pada moda transportasi pribadi, umumnya mahasiswa memilih sepeda motor karena pertimbangan kepraktisan dan biaya bahan bakar yang tergolong irit.

Sementara moda transportasi umum di Surabaya pilihannya juga cukup banyak. Ada angkutan kota yang tarifnya mulai dari Rp4.000, terus ada juga pilihan ojek online dan taksi online yang tarifnya sesuai jarak tempuh.

Biaya kuliah

Biaya kuliah di Surabaya cukup bervariasi, rentannya mulai dari Rp5 juta sampai dengan lebih dari Rp20 juta per semester. Perbedaan biaya kuliah tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti status perguruan tinggi dan komponen fasilitas yang disediakan.

Nah, sebagai tambahan referensi buat Quipperian yang ingin kuliah di Surabaya, Quipper Blog mau membagikan informasi biaya kuliah dari salah satu kampus swasta ternama di Surabaya yakni Universitas Dinamika yang dulunya bernama STIKOM Surabaya sebagai benchmark yang bisa kamu pertimbangkan.

Biaya Kuliah Universitas Dinamika Surabaya

Rincian biaya yang perlu kamu keluarkan untuk kuliah di Universitas Dinamika Surabaya adalah sebagai berikut (dalam Rupiah).

Berita Lainnya